5 Tips Bernegosiasi dengan Wedding Organizer untuk Dapat Harga Terbaik

HQ-djava

Pernikahan butuh perhatian khusus dalam proses persiapannya. Tidak hanya waktu, tetapi juga tenaga hingga budget yang dibutuhkan untuk pernikahan tersebut. Meskipun terkesan ribet, tetapi sekarang sudah begitu mudah dengan adanya bantuan Wedding Organizer (WO).

WO biasanya jadi partner bagi calon pasangan pengantin dalam membantu semua persiapan mulai dari akad nikah hingga terselenggaranya pernikahan. Biasanya mereka akan memberikan referensi bagi pasangan berbagai vendor atau pilihan paket pernikahan dengan daftar harga yang ada.

Tentu hal ini tidak serta merta Anda terima bukan? Anda harus mempertimbangkan semuanya dengan budget yang tersedia. Sehingga Anda butuh melakukan negosiasi dengan pihak WO untuk bisa mendapatkan kesepakatan terbaik. Lantas adakah cara terbaik melakukannya?

Tips Negosiasi dengan Wedding Organizer

Bernegosiasi dengan WO sangatlah diperlukan guna mendapat kesepakatan. Dengan begitu Anda untung, begitu juga pihak WO itu sendiri. Berikut ini tips bernegosiasi dengan wedding organizer untuk dapatkan harga terbaik.

1. Memilih WO dengan Banyak Pengalaman

Penting bagi Anda memilih WO yang suda berpengalaman. Dengan adanya pengalaman, tentu banyak sekali portofolio yang mereka miliki. Bahkan pastinya tidak sedikit yang memberikan review ataupun testimony untuk pihak WO tersebut.

Sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih WO dengan iming-iming pilihan paket murah. Pasalnya tidak jarang paket pernikahan dengan harga terlampau murah dibandingkan dengan WO lain. Hal ini justru bisa jadi indikasi bahwa WO tersebut kurang terpercaya dan tidak begitu berpengalaman melayani klien.

Bisa saja harga murah tersebut akan membawa masalah bagi Anda nantinya. Entah itu dekorasinya jauh dari ekspektasi, menu catering tidak sesuai jumlah porsi pesanan, atau hal lain yang menimbulkan pesta pernikahan Anda berantakan. Bahkan parahnya, Anda bisa jadi ditipu oleh mereka usai membayar lunas.

Sebaiknya sebelum melakukan negosiasi, cari tahu dahulu setiap vendor rekanan dari WO kemudian bandingkan dengan WO lain. Pastikan semua yang ditawarkan oleh pihak wedding organizer sesuai kebutuhan dan budget. Sehingga akan lebih mudah untuk melakukan negosiasi.

2. Terbuka Soal Budget

Pernikahan yang sukses harusnya diawali dengan sebuah keterbukaan. Hal ini juga keterbukaan Anda dengan pihak WO terkait budget yang Anda miliki. Anda dan pasangan tidak perlu malu untuk membukanya pada vendor wedding tersebut.

Misal budget Anda minim atau jauh dari pilihan paket yang diajukan pihak WO, siapa tahu mereka akan membantu Anda dalam mencarikan vendor lain. Tentu dengan harga tidak terlalu mahal namun tetap berkualitas untuk mewujudkan wedding Anda. Sehingga kesepakatan Anda dan WO pun bisa terjadi.

3. Tanyakan Soal Diskon

Siapa sih yang tidak mau mendapatkan diskon? Apalagi untuk acara besar seperti pernikahan yang pastinya akan membutuhkan biaya yang besar juga. Sehingga tidak ada salahnya Anda menanyakan terkait diskon. Kecuali jika WO tersebut rekomendasi teman atau saudara, tentu tanpa menanyakan pun Anda mungkin sudah dapatkan diskon.

Bila Anda ingin menanyakan soal diskon, lakukan dengan sopan tanpa memaksa. Anda bisa mengacu dari harga paket yang ditawarkan, memperhatikan harga, reputasi, dan kualitas produk yang ditawarkan WO dibandingkan yang lainnya.

Pastikan kesepakatan tersebut menguntungkan kedua belah pihak. Jangan memaksakan diskon melebihi batas wajar dan tidak membuat WO merasa terlalu direndahkan atas perbandingan yang Anda sampaikan.

4. Lakukan Riset Harga

Sebelum Anda melakukan negosiasi, sebaiknya melakukan riset pasar dulu. Melakukan riset sangat penting untuk mengetahui harga paket pernikahan dari banyak WO pilihan. Dengan begitu Anda memiliki dasar dan fakta bandingan untuk bernegosiasi dengan pihak WO.

5. Membayar Lunas

Usai Anda melakukan negosiasi untuk mendapatkan diskon dan terasa alot, sebaiknya Anda tidak memaksa. Anda harus mengetahui trik dan etika dalam bernegosiasi agar mendapatkan penawaran terbaik dari WO. Bila Anda sudah cocok dengan satu WO, maka bisa langsung menyampaikan niat untuk membayar lunas semua biaya.

Hal ini tentu akan membuat pihak wedding organizer melihat keseriusan Anda menggunakan jasa mereka. Siapa tahu dengan begitu WO akan memberikan diskon tambahan daripada sebelumnya.

Tidak sulit bukan lima tips di atas? Asal Anda mengetahui trik bernegosiasi dengan pihak wedding organizer, maka kesempatan mendapatkan penawaran harga terbaik juga sangat besar. Terpenting Anda tahu etika dan tidak memaksa harga minimal dari sebuah hasil terbaik.

Untuk Anda yang saat ini tengah mencari referensi jasa wedding organizer Surabaya, Djava wedding bisa jadi pilihan. Djava wedding sudah menangani banyak klien untuk menggelar pesta pernikahan di Surabaya dan sekitarnya. Djava wedding juga sangat terbuka untuk negosiasi dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top