6 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Persiapan Pernikahan Dilakukan, Sebaiknya Hindari!

HQ-djava

Pernikahan dimanapun membahagiakan bagi pasangan pengantin. Akan tetapi, terdapat banyak sekali tantangan yang harus dihadapi saat mempersiapkan pernikahan itu sendiri. Ditambah lagi sebelumnya Anda belum memiliki pengalaman apapun dalam mempersiapkan pernikahan.

Dalam persiapan pernikahan, ada banyak hal yang harus diurus agar berjalan dengan sukses dan sempurna. Maka tidak mengherankan bila ada saja bagian yang tidak terlaksana atau justru berantakan karena kesalahan yang mungkin tidak Anda sadari.

6 Kesalahan Paling Sering Terjadi Saat Mempersiapkan Pernikahan

Sebagai calon pengantin, ada baiknya Anda menyimak deretan kesalahan yang sering terjadi dalam persiapan pernikahan berikut agar Anda dapat mengantisipasinya.

1. Buru-buru Menentukan Konsep Pernikahan

Konsep pernikahan sudah pasti akan sangat berkaitan dengan pelaksanaan pesta. Sehingga terkait hal ini sebaiknya Anda tidak buru-buru mengambil keputusan. Diskusikan bareng pasangan dan keluarga. Jangan memutuskan sendiri untuk urusan resepsi pernikahan, koordinasikan juga dengan pihak WO jika menggunakan jasa mereka.

2. Memesan Tempat Sebelum Membuat Daftar Tamu

Hal ini tentu sangat tidak tepat dilakukan saat mempersiapkan pernikahan. Bila Anda terburu-buru memesan gedung untuk pesta lebih dulu karena takut tidak kebagian tempat, mungkin itu bisa dimaklumi. Namun tindakan itu sebaiknya sudah sesuai dengan daftar tamu yang hendak diundang.

Jika Anda memesan gedung sebelum tahu persis jumlah tamu yang akan diundang, maka hal itu justru akan jadi boomerang bagi Anda. Kemungkinan pertama, gedung pernikahan ternyata memiliki kapasitas di bawah jumlah tamu undangan. Sehingga akan membuat tamu berdesak-desakan dan tidak nyaman nantinya.

Kedua, bisa saja sebaliknya. Tamu yang Anda undang ternyata lebih sedikit dari kapasitas gedung yang bisa menampung banyak tamu. Ini tentu akan merugikan Anda sendiri lantaran biaya sewa gedung dengan kapasitas besar tentu juga akan tinggi. Sementara tamu Anda tidak begitu banyak. Maka dari itu, sebaiknya buat dahulu daftar tamu Anda, kemudian lakukan pemesanan tempat.

3. Terlalu Hemat

Mungkin istilah hemat tidak ada salahnya. Akan tetapi terlalu hemat atau irit justru akan berdampak buruk bagi pernikahan Anda. Terlebih acara yang diselenggarakan ini termasuk acara besar yang akan dihadiri  banyak tamu dari kalangan keluarga, kerabat, teman hingga relasi Anda dan pasangan.

Saat Anda terlalu hemat atau mempersiapkan dana mepet alias pas untuk pernikahan, ini justru bisa jadi boomerang. Sebaiknya longgarkan dana Anda terutama untuk soal catering. Persiapan dana lebih untuk pos ini sangat penting, mengingat kemungkinan tamu datang melebihi hitungan atau daftar yang telah Anda buat. Bisa jadi tamu-tamu ini datang lantaran Anda undang secara lisan, pesan singkat, atau hadir bersama rombongan keluarga mereka karena memiliki hubungan baik dengan Anda.

4. Terburu-buru Menyewa Gaun Pengantin

Gaun pengantin menjadi salah satu poin penting dalam pernikahan, namun tidak harus buru-buru menyewanya jauh hari. Sebaiknya menyewa baju pengantin tidak terlalu jauh dari waktu pelaksanaan pesta pernikahan. Sebab untuk menghindari risiko gaun atau busana pengantin tersebut tidak sesuai dengan tubuh Anda saat hari H.

Jika Anda menyewanya berbulan-bulan sebelum pernikahan, risiko gaun terasa kekecilan atau kebesaran saat dikenakan di momen resepsi bisa saja terjadi. Hal ini lantaran kondisi tubuh tidak akan selalu sama setiap waktu. Bisa jadi bobot tubuh Anda bertambah atau sebaliknya. Maka ada baiknya tidak gegabah menyewa busana atau gaun pengantin.

5. Melibatkan Teman atau Saudara yang Tidak Profesional

Memiliki teman atau saudara seorang wedding organizer atau mungkin menjadi vendor pernikahan memang menguntungkan. Harapannya tentu bisa menekan budget pernikahan dengan menggunakan harga teman atau akan mendapat diskon dari mereka. Namun pastikan juga mereka professional dalam bidangnya tanpa melihat status hubungan Anda dengannya.

Pasalnya, jika mereka tidak professional semisal teledor atau lamban dalam bekerja, bukan tidak mungkin pesta pernikahan impian Anda justru akan berantakan. Maka pastikan juga hal ini dari mereka. Tetap survey dan cari tahu review tentang WO teman atau saudara Anda tersebut.

6. Melakukan Perawatan Berlebihan

Kesalahan selanjutnya yang tidak jarang dilakukan oleh pasangan pengantin, terlebih wanita. Biasanya saat akan menikah melakukan perawatan agar bisa tampil maksimal saat momen penting tersebut, seperti halnya melakukan beragam treatment tubuh dan diet.

Meski begitu, sebaiknya Anda tidak melakukannya berlebih. Semisal saja Anda melakukan diet terlalu ketat, tidak menutup kemungkinan justru Anda akan mengalami sakit saat resepsi pernikahan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan pernikahan yang sempurna, ada baiknya mengantisipasi deretan risiko kesalahan tersebut. Sebaiknya tulis semua daftar keperluan pernikahan agar tidak tercecer atau terlewatkan satupun. Untuk membantu Anda yang masih awam soal pernikahan, bisa memanfaatkan jasa wedding organizer.

Djava wedding bisa jadi rekomendasi jasa WO terpercaya yang ada di Surabaya. Bahkan Anda akan dibantu dalam menentukan berbagai hal terkait persiapan pernikahan sesuai budget yang ada. Profesionalitas Djava wedding sudah teruji dengan banyaknya pengalaman dalam melayani klien untuk mempersiapkan pesta pernikahan. Tunggu apalagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top