8 Cara Memilih Gedung Pernikahan Terbaik Ini Patut Diterapkan Calon Pengantin

HQ-djava

Pesta pernikahan memang akan sangat menyita banyak tenaga dan waktu dalam proses persiapannya. Hal ini dilakukan mengingat acara tersebut termasuk besar dan diharapkan bisa berjalan sempurna sesuai harapan. Sehingga ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk kesuksesan acara tersebut, seperti halnya urusan gedung pernikahan.

Memilih gedung pernikahan juga tidak mudah. Pasalnya, Anda tentu akan mencari gedung pernikahan dengan kapasitas tamu undangan hingga budget yang ada. Hal ini tentu akan memakan waktu yang terbilang lama. Belum lagi Anda akan dihadapkan dengan berbagai kendala saat memilih gedung tersebut.

Cara Memilih Gedung Pernikahan Terbaik Sesuai Harapan

Untuk mendapatkan gedung pernikahan yang cocok, tentu Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Melalui artikel ini akan diuraikan delapan cara memilih gedung pernikahan terbaik untuk Anda.

1. Sesuaikan Budget

Budget menjadi hal penting terkait pertimbangan berbagai persiapan pernikahan. Dana untuk menyewa gedung sudah harus Anda tentukan sebelumnya. Pastikan mencari gedung yang sesuai anggaran yang ada.

Kalaupun sulit menemukan yang bisa sesuai anggaran tersedia, sangat disarankan menyewa gedung dengan harga sedikit mahal dari anggaran Anda. Tentu saja gedung tersebut sudah dipilih sesuai dengan kebutuhan pesta pernikahan Anda.

2. Kapasitas Gedung Sesuai Jumlah Tamu

Hal kedua yang harus Anda pastikan terkait gedung yang disewa adalah terkait kapasitas tampun tamu. Jangan sampai gedung tidak sesuai dengan jumlah tamu undangan Anda. Sebab akan ada dua risiko yang akan terjadi.

Pertama, jika tamu undangan hanya sedikit tetapi Anda menyewa gedung besar, tentu akan mempengaruhi besarnya biaya sewa. Anda akan mengalami kerugian lantaran kesalahan pemilihan gedung.

Kedua, kemungkinan sebaliknya tamu yang Anda undang banyak namun kapasitas gedung kecil. Ini berisiko tamu akan berdesak-desak di dalam gedung hingga mengantri di luar lantaran tidak tertampung. Tamu akan merasa tidak nyaman akan hal ini. Jalannya resepsi pernikahan Anda juga pasti terganggu.

3. Lokasi Strategis

Lokasi gedung pernikahan perlu jadi pertimbangan Anda selanjutnya. Sebab ini mempengaruhi jumlah tamu undangan yang akan hadir di pesta pernikahan. Bila lokasi Pernikahan mudah dijangkau memungkinkan tamu akan hadir. Sebaliknya, lokasi gedung pernikahan yang sulit dijangkau akan berisiko mengurangi kehadiran tamu undangan nantinya.

4. Fasilitas Memadai

Persiapan pernikahan memang begitu rumit sehingga membutuhkan ketelitian Anda juga. Saat memilih gedung pernikahan sebaiknya pastikan fasilitas yang disediakan seperti tempat parkir, ruang make up, ruang ganti, sound system, terkait listrik, toilet, dan hal lainnya.

5. Sesuaikan Tanggal Pernikahan

Tanggal pernikahan menjadi hal utama memilih gedung. Terlebih jika Anda memilih tanggal cantik atau weekend, maka kemungkinan gedung banyak yang memesan juga. Jika Anda sudah merasa cocok dengan kondisi, fasilitas hingga budget yang ada, maka ada baiknya tanyakan apakah ada jadwal kosong di tanggal pernikahan tersebut.

Ini perlu ditanyakan lantaran bisa jadi di tanggal tersebut ada calon pengantin lain yang sudah memesan gedung tersebut untuk pernikahan. Sehingga penting bagi Anda untuk lakukan pemesanan gedung jauh-jauh hari setidaknya 12 bulan sebelum tanggal pernikahan.

6. Cari Informasi Selengkapnya

Harga murah gedung sebaiknya tidak menjadi acuan utama. Sebaiknya cari informasi juga selengkapnya mengenai gedung yang hendak Anda survey baik itu melalui website, review pelanggan, atau rekomendasi teman dan saudara. Tetap kumpulkan info selengkapnya dengan bertanya sedetail mungkin perihal gedung tersebut.

7. Survey Langsung

Setelah mendapatkan informasi lengkap, Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk survey tempat pernikahan. Akan menguntungkan jika saat survey gedung tersebut tengah digunakan resepsi pernikahan orang lain. Sehingga Anda dapat mengamatinya secara langsung.

8. Segera Pesan

Jika semua poin di atas terpenuhi dan telah mendapatkan satu gedung pernikahan pilihan, maka segera lakukan booking. Berikan uang muka sesuai prosedur pihak gedung sebagai tanda jadi Anda memesan tempat tersebut. Jika booking gedung sudah dilakukan, maka Anda dapat memikirkan persiapan lain untuk pernikahan.

Itulah tadi beberapa cara memilih gedung pernikahan terbaik. Bagi Anda yang tidak mau terlalu ribet dan kerepotan soal urusan memilih gedung pernikahan, maka dapat meminta bantuan dari wedding organizer berpengalaman. Lakukan koordinasi jauh hari untuk bisa mendapatkan gedung sesuai kebutuhan pernikahan.

Anda dapat mempercayakannya kepada Djava wedding yang pastinya sudah ahli dalam mengurus segala hal terkait pernikahan. Bahkan Djava wedding memiliki banyak pilihan paket pernikahan yang sudah mencakup gedung pernikahan sesuai dengan budget Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top